Apa itu SD-WAN? Pelajari Lebih Lanjut Tentang Teknologi Ini Dan Cara Kerjanya!

Apa itu SD-WAN

Dengan sejumlah besar data, baik dari konsumen, pemasok, cabang atau perusahaan profesional, bisnis harus selalu terhubung ke departemen lain, sehingga penting untuk memiliki infrastruktur yang gesit dan efisien, dan itulah yang ditawarkan SD-WAN untuk skenario yang paling beragam.

Teknologi ini didasarkan pada jaringan yang ditentukan perangkat lunak yang memfasilitasi pengelolaan dan pengoperasian WAN. Ini karena teknologi ini memisahkan perangkat keras jaringan dari aplikasi kontrolnya. SD-WAN menawarkan nilai utilitas yang cukup besar bagi perusahaan dengan memberikan kelincahan yang lebih besar dan kemampuan untuk mengoptimalkan bandwidth Internet.

Apa itu SD-WAN?

Software Defined Wide Area Network (SD-WAN) adalah jenis jaringan komputer yang memungkinkan menghubungkan berbagai sumber daya akses Internet seperti DSL, kabel, seluler, atau transportasi IP lainnya untuk menyediakan saluran informasi yang andal.

Dengan demikian, SD-WAN mengabstraksi opsi konektivitas seperti Multiprotocol Label Switching (MPLS) untuk membuat jaringan area luas virtual (WAN) perusahaan.

SD-WAN bergantung pada arsitektur WAN virtual dan teknologi berbasis perangkat lunak. Elemen penting dari SD-WAN adalah kontrol terpusatnya, sehingga koneksi jaringan, mekanisme keamanan, kebijakan, alur aplikasi, dan administrasi umum terpisah dari perangkat keras terkait.

Untuk alasan keamanan, komunikasi data antar cabang perusahaan biasanya ditransmisikan melalui VPN dan disalurkan melalui lokasi kantor pusat. Sangat penting untuk memiliki terowongan IP throughput tinggi yang dapat diandalkan untuk koneksi informasi ini.

Jika cabang menggunakan koneksi DSL, T1, atau modem kabel tunggal untuk berkomunikasi dengan sakelar, mungkin ada throughput dan kecepatan yang tidak mencukupi—terutama untuk mengirim data dari cabang ke kantor pusat. Demikian juga, hanya satu saluran broadband di cabang tidak akan memberikan waktu kerja yang benar yang diminta oleh aplikasi penting bisnis.

See Also  13 Font Yang Dipakai Oleh Brand Terkenal

Arsitektur SD-WAN memungkinkan struktur komunikasi IP berkecepatan tinggi antara cabang dan kantor pusat bahkan dalam proporsi geografis yang besar. Kedua perangkat membentuk terowongan informasi yang transparan dan sangat cepat, menggabungkan sumber daya akses di setiap sisi.

Apa perbedaan antara WAN dan SD-WAN?

WAN adalah jaringan komputer yang mencakup area geografis yang luas biasanya mencakup serangkaian LAN jaringan area lokal. Koneksi dapat terdiri dari satelit, sistem telepon, atau leased line.

Dengan penyebaran layanan di cloud pribadi dan publik, serta layanan yang sangat bergantung pada aplikasi yang andal dan berkinerja tinggi, perusahaan terkadang melampaui batasan layanan WAN yang tersedia. Meskipun mungkin hemat biaya untuk menyediakan konektivitas internet bandwidth tinggi ke industri utama, menawarkan kecepatan koneksi yang sama ke setiap cabang cukup mahal.

Jaringan area luas yang ditentukan program berbeda dari cara WAN disebarkan dan dikelola. SD-WAN adalah teknologi berbasis perangkat lunak yang melapisi jaringan yang ada.

Dengan SD-WAN, jaringan fisik dipisahkan dari jaringan logis. Ini memisahkan jaringan dari bidang manajemen dan memutuskan manajemen lalu lintas dari aktivitas pemantauan perangkat keras. Misalnya, WAN tradisional hanya dapat menangani koneksi ke beberapa platform cloud. SD-WAN tidak dibatasi oleh perangkat keras yang mendasari yang membentuk jaringan.

Teknologi SD-WAN menyediakan konektivitas data yang sangat cepat, handal dan relatif murah antara kantor pusat atau pusat data perusahaan dengan cabang-cabangnya. Dibandingkan dengan alternatif menggunakan satu jalur internet, SD-WAN mampu memangkas biaya WAN secara signifikan. Selain penghematan biaya ini, perusahaan dapat memperoleh akses internet umum yang andal dengan menghubungkan semua orang (kantor pusat dan cabang).

Apa Manfaat Teknologi Tersebut?

Banyak perusahaan beralih ke teknologi jaringan area luas yang ditentukan perangkat lunak untuk memecahkan masalah kinerja jaringan dan konektivitas serta mendorong hasil bisnis. Lihat di bawah, apa manfaat teknologi ini bagi organisasi.

See Also  Cara Ubah Chrome Jadi Notepad

Ekonomi

SD-WAN menawarkan manfaat layanan WAN yang andal dan aman dengan harga terjangkau. Broadband lebih hemat biaya dan fleksibel daripada koneksi MPLS tingkat operator yang mahal, yang seringkali memiliki waktu penyediaan yang lama dan kontrak yang mahal. Dengan teknologi ini, organisasi dapat memanfaatkan semua koneksi jaringan yang tersedia dengan kapasitas penuh mereka tanpa memelihara tautan cadangan yang tidak digunakan.

Keamanan

Teknologi SD-WAN menyampaikan keamanan tingkat cabang, melewati batasan informasi yang harus dikembalikan ke pusat data untuk perlindungan keamanan tambahan seperti gateway firewall atau penegakan Domain Name System (DNS). SD-WAN mengenkripsi lalu lintas WAN saat lokasi berubah. Ini membagi jaringan, meminimalkan kerusakan jika terjadi pelanggaran.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu profesional TI mendeteksi serangan lebih cepat dengan memungkinkan mereka memantau volume dan jenis lalu lintas di jaringan. Ada keamanan tambahan dengan fakta bahwa SD-WAN memungkinkan penggunaan Virtual Private Networks (VPNs).

Kecepatan

SD-WAN memungkinkan perusahaan untuk dengan mudah menambah atau menghapus koneksi WAN, serta menggabungkan koneksi melalui smartphone atau telepon rumah. Cabang menjadi lebih gesit karena SD-WAN memungkinkan banyak tautan, perangkat, dan layanan untuk hidup berdampingan dengan infrastruktur yang lebih lama.

Dengan demikian, dengan penggunaan teknologi ini, perusahaan dapat mengimplementasikan layanan WAN di lingkungan yang jauh tanpa harus mengirimkan personel TI untuk melakukannya. Perusahaan dapat mempersingkat waktu penerapan dan konfigurasi dengan teknologi SD-WAN. Kelincahan jaringan adalah salah satu alasan utama organisasi mengadopsi SD-WAN.

Penyederhanaan Manajemen

SD-WAN membuat penggelaran layanan WAN tingkat cabang menjadi cepat dan mudah. Karena SD-WAN didasarkan pada arsitektur cloud inti, organisasi akan merasa mudah untuk menskalakan di beberapa titik akhir. Bisnis dapat mengoptimalkan infrastruktur cabang dengan menyematkan layanan jaringan baik di cloud, tepi cabang, atau di pusat data.

See Also  Realme GT Neo 3T Muncul di Geekbench dengan Chip Snapdragon 870

Tim TI memiliki kemampuan untuk mengotomatisasi penerapan zero-touch secara global dengan antarmuka manajemen tunggal. Dengan demikian, teknologi ini memberikan layanan seperti optimasi WAN, sehingga membutuhkan lebih sedikit perangkat jaringan yang dibutuhkan di setiap lokasi.

Pengoptimalan Pengalaman Pengguna

Karena SD-WAN menggunakan fungsi kontrol pusat untuk mengarahkan lalu lintas melalui WAN, ada peningkatan kinerja aplikasi dan pengalaman pengguna, bersama dengan peningkatan produktivitas dan pengurangan biaya TI.

Aplikasi ini dapat memberikan kinerja aplikasi cloud yang unggul kepada pengguna akhir yang berada di lokasi yang berbeda. Jika tautan gagal atau rusak, SD-WAN dapat secara dinamis merutekan lalu lintas antara sirkuit khusus dan koneksi internet yang aman tanpa gangguan ke aplikasi penting.

Mendapatkan Kinerja Yang Lebih Baik

Teknologi SD-WAN memanfaatkan internet untuk menciptakan koneksi yang aman dan berkinerja tinggi, menghilangkan penalti backhaul dari jaringan MPLS. Optimalisasi aplikasi bisnis dapat diberikan dengan hemat biaya sekaligus meningkatkan Software as a Service (SaaS) dan layanan berbasis cloud lainnya secara signifikan.

Terlebih lagi, pengguna jarak jauh biasanya mengalami lebih sedikit latensi jaringan dan koneksi lebih cepat saat menggunakan aplikasi berbasis cloud/SaaS.