News  

Microsoft Akan Menghentikan Peramban Internet Explorer

Microsoft Akan Menghentikan Peramban Internet Explorer (Foto: Picture-Alliance/KEYSTONE)

Versa.id Microsoft Akan Menghentikan Peramban Internet Explorer hal tersebut sudab disampaikan resmi pada 15 Juni 2022.

Internet Explorer memiliki sejarah selama 27 tahun, raksasa perangkat lunak AS Microsoft secara resmi berhenti mendukung browser web.

Mulai sekarang tidak akan ada lagi pembaruan untuk browser siapa pun yang mengkliknya akan diarahkan ke Microsoft Edge, yang dirancang untuk menggantikan Explorer.

“Internet Explorer (IE) secara resmi dihentikan dan tidak akan lagi menerima dukungan mulai hari ini,” kata Microsoft dalam sebuah posting blog.

Internet telah berkembang dan begitu juga browser web yang tersedia. “Peningkatan tambahan untuk Internet Explorer tidak cocok dengan peningkatan keseluruhan di seluruh web, jadi kami memulai lagi.”

Versi pertama Internet Explorer dirilis pada tahun 1995 mulai dari itu banyak orang yang mulai menjelajahi Internet dengan browser Microsoft tersebutuntuk pertama kalinya.

Namun, bagi banyak pengguna Internet, pengembangan Internet Explorer dianggap menjadi permasalahan terdapat pro dan kontra disana, Jiak dibandingkan dengan browser lain, Explorer dianggap lambat dan rentan terhadap masalah teknis.

Sementara Internet Explorer masih memiliki pangsa pasar 90 persen di awal tahun 2000-an, keberhasilannya terus menurun dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut situs analisis Statcounter, Google Chrome adalah browser web yang paling banyak digunakan saat ini dengan pangsa pasar hampir 65 persen.

Di Twitter, banyak pengguna mengucapkan selamat tinggal pada Internet Explorer dengan cara yang lucu. “Anda butuh waktu lama untuk mengunduh sesuatu, Anda terus membeku dan digantikan oleh peramban lain dengan mudah,” tulis seorang pengguna menggunakan tagar #ripinternetexplorer.

“Tapi inilah salah satu browser pertama yang pernah saya gunakan dan saya memiliki banyak kenangan indah berkat itu.”